Minggu, 16 Oktober 2022

Kitab Nadhom Maqshud (kitab yaqulu)

 Download Terjemahan kitab Nadhom Maqshud Pdf 

klik link dibawah ini : 

TERJEMAHAN KITAB NADHOM MAQSHUD 

Syarah Kitab Nadhom Maqshud 





Mengenal Kitab Nadhom Maqshud Karya Al-Thahawi

Dalam dunia pesantren, perubahan bentuk kata dikenal dengan istilah Tashrif. Salah satu Kitab Tashrif yang paling populer bagi pelajar Indonesia adalah Kitab Nadhom Maqsud karya Syaikh Ahmad bin Abdurrahim al-Thahthawi (1132-1302 H).


Dalam Bahasa Arab, terlalu sangat banyak perubahan bentuk kalimat. Kata dasarnya disebut sebagai Masdhar.


Dan dari Mashdar ini dapat berubah kedalam berbagai bentuk kalimat lainnya seperti bentuk Fi’il Madhi, Mudhari’, Amar dan lain sebagainya.


Kitab Nadhom Maqsud memuat sekitar 113 syair. Dan sangat mudah untuk dihafal oleh para pelajar pemula dibidang keilmuan Saraf.


Terjemahan Nadhom Maqsud

Daftar Isi

يَقُوْلُ بَعْدَ حَـمْـدِ ذِي الجَـلاَلِ ** مُـصَـلِّـيًـا عَلَـى النَّـِبيْ وَ الآلِ


seraya membaca shalawat dan salam untuk Nabi dan semua keluarganya


عَـبْـدٌ أَسِـيْـرُ رَحْمَةِ الـكَرِيمِ ** أَيْ أَحْـمَدُ بْنُ عَابِـدِ الـرَّحِيْــم


Syekh Ahmad bin Abdurrahim seorang hamba yang menjadi tawanan rahmat Allah setelah memuji Allah yang Maha Agung


Bab Fi’il Tsulatsi

فِعْلٌ ثـُلاَثِـيٌّ إِذَا يُجَــــرَّدُ ** أَبْوَابُـهُ سِـتٌّ كَمَا سَــتُسْــرَدُ


Fi’il tsulasi mujarrad ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal dan tanpa ( sunyi ) huruf tambahan (ziyadah ) itu babnya itu ada 6 yang akan diterangkan dengan tertib


فَالعَيْنُ إِنْ تُفْـتَحْ بِمَاضٍ فَاكْسِـرِ ** أَوْ ضُمَّ أوْ فَافْـتَحْ لَـهَا فِي الغَـابِـرِ


Apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca fathah [فَعَلَ ] maka ‘ain fi’il dari fi’il mudlori’ itu boleh wajah 3 yaitu:


kasroh [فَعَلَ يَفْعِلُ]

dhomah [فَعَلَ يَفْعُلُ]

fathah [فَعَلَ يَفْعَلُ

وَإِنْ تُـضَمَّ فَاضْمُـمَنْـهَا فِـيْهِ ** أوْ تَـنْـكَسِرْ فَافْتَحْ وَكَسْرًا عِـيْـهِ


Apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca zummah [فَعُلَ] maka ‘ain fi’il dari fi’il mudlari’ itu hanya dibaca zummah saja [يَفْعُلُ] dan apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca kasroh [فَعِلَ] maka ‘ain fi’il dari fi’il mudlari’ itu boleh dibaca fathah [يَفْعَلُ] dan kasrah [يَفْعِلُ]


وَلاَمٌ اوْ عَيْنٌ بِـمَا قَـدْ فُـتِحَـا ** حَلْقِيْ سِوَى ذَا بِالشُّذُوذ ِ اتَّضَحَـا


Fi’il tsulasi mujarrad yang ikut wazan [فَعَلَ يَفْعَلُ] itu disyaratkan ‘ain fi’il atau lam fi’ilnya harus berupa salah satu huruf halqi yang ada 6 [ء، غ،ع، ح، خ، ه] dan jika tidak berupa huruf halqi maka hukumnya syad ( menyimpang dari kaedah yang telah ditentukan )


BAB RUBA’I DAN RUBA’I MULHAQ

ثُمَّ الــرُّبَاعِىُّ بِبَــابٍ وَاحِدِ ** وَ الْحِقْ بِـهِ سِتـًّا بِغَـيْرِ زَائِـدِ


Fi’il ruba’i mujarrad ( fi’il yang huruf asalnya ada 4 dan tanpa huruf tambahan ) itu babnya ada satu yaitu [فَعْلَلَ – يُفَعْلِلُ],sedangkan fi’il ruba’i mulhaq mujarrad ( fi’il yang huruf asalnya ada 3 dan di tambah satu huruf untuk disamakan dengan ruba’i mujarrad ) itu babnya ada 6 yaitu :


فَـوْعَـلَ فَعْوَلَ كَذَاكَ فَـيْعَـلاَ ** فَعْـيَلَ فَـعْلَى وَ كَذَاكَ فَـعْـلَـلاَ


[فَوْعَلَ – يُفَوْعِلُ];

[فَعْوَلَ – يُفَعْوِلُ];

[فَيْعَلَ – يُفَيْعِلُ];

[فَعْيَلَ – يُفَعْيِلُ];

[فَعْلَي – يُفَعْلِي];

[فَعْلَلَ – يُفَعْلِلُ].

زَيْـدُ الثُّلاَثِيْ أَرْبَـعٌ مَعْ عَشْـرِ ** وَهْيَ لِأَقْسَـامٍ ثَـلاَثٍ تَـجْــرِي


BAB TSULASI MAZID

أَوَّلُـهَا الرُّبَـاعِ مِثْلُ أَكْرَمَــا ** وَفَعَّـلَ وَ فَـاعَلاَ كَـخَاصَمَـــا


Yang pertama adalah fi’il tsulasi mazid ruba’i ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu ditambah satu huruf ) adapun babnya itu ada 3 yaitu :


[أَفْعَلَ – يُفْعِلُ] seperti [أَكْرَمَ – يُكْرِمُ]

[فَاعَلَ – يُفَاعِلُ] seperti [خَاصَمَ – يُخَاصِمُ]

[فَعَّلَ – يُفَعِّلُ] seperti [فَرَّحَ – يُفَرِّحُ]

Baca Juga :  Kitab Minhajul Muta'allim Karya Imam Ghazali

وَاخْصُصْ خُمَاسِيًّا بِذِي الأَوْزَانِ ** فَـبَـدْؤُهَا كَـا نْكَـسَرَ وَ الثَّـانِي


Yang kedua adalah fi’il tsulasi mazid khumasi ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu mendapat dua huruf tambahan ) adapun babnya itu ada 5


اِفْـتَعَلَ اِفْـعَلَّ كَذَا تَفَــعَّلاَ ** نَــحْوُ تَعَــلَّمَ وَزِدْ تَفَاعَـــلاَ


[اِنْفَعَلَ – يَنْفَعِلُ] seperti [اِنْكَسَرَ – يَنْكَسِرُ]

[اِفْتَعَلَ – يَفْتَعِلُ] seperti [اِجْتَمَعَ – يَجْتَمِعُ]

[اِفْعَلَّ – يَفْعَلُّ] seperti [اِحْمَرَّ – يَحْمَرُّ]

[تَفَعَّلَ – يَتَفَعَّلُ] seperti [تَعَلَّمَ – يَتَعَلَّمُ]

[تَفَاعَلَ – يَتَفَاعَلُ] seperti [تَخَاصَمَ – يَتَخَاصَمُ]

ثُمَّ السُّدَاسِيْ استَفْعَلاَ وَ افْعَوْعَـلاَ ** وَافْعَــوَّلَ افْعَـنْلَى يَـلِيهِ افْعَنْلَـلاَ


Yang ketiga adalah fi’il tsulasi mazid sudasi ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu mendapat tiga huruf tambahan ) adapun babnya itu ada 6 yaitu :


[اِسْتَفْعَلَ – يَسْتَفْعِلُ] seperti [استغفر – يستغفر]

[اِفْعَوْعَلَ – يَفْعَوْعِلُ] seperti [اعشوشب – يعشوشب]

[اِفْعَوَّلَ – يَفْعَوِّلُ] seperti [اجلوذ – يجلوذ]

[اِفْعَنْلَي – يَفْعَنْلِي] seperti [اسلنقي – يسلنقي]

[اِفْعَنْلَلَ – يَفْعَنْلِلُ] seperti [اقعنسس – يقعنسس]

[افعَالَّ – يَفْعَالُّ] seperti [اِحْمَارَّ – يَحْمَارُّ] وَافْعَالَ مَا قَدْ صَاحَبَ الَّلاَمَينِ ** زَيْـدُ الرُّبَاعِـيِّ عَلَـى نَوْعَــيْنِ

ذِي سِتَّةٍ نَحْوُ افْعَلَلَّ افْعَنْلَـلاَ ** ثُـمَّ الـخُـمَاسِيْ وَزْنُـهُ تَفَعْلَـلاَ


Fi’il ruba’i mazid sudasi ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal lalu mendapatkan tambahan dua huruf), sedangkan wazannya ada 2 yaitu:


[اِفْعَلَلَّ – يَفْعَلِلُّ] seperti [اقشعر – يقشعر]

[اِفْعَنْلَلَ – يَفْعَنْلِلُ] seperti [اخرنجم – يخرجم]

Syarahan Kitab Nadhom Maqsud

Terdapat tiga kitab syarahan paling populer dan dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sehingga sangat mudah dipahami oleh belajar pemula.



Terjemah Nadhom Maqsud Bab Masdar dan Musytaq 


بَابُ الْمَصْدَرِ وَمَا يُشْتَقُّ مِنْهُ

(Bab Masdar dan Shighat yang Mustaq)


مِيْمِي وَغِيْرِهِ عَلىَ قِسْمَيْن ¤ وَمَصْدَرٌ أَتىَ عَلىَ ضَرْبَيْنِ

وَمَا عَدَاهُ فَالْقِيَاسَ تَتَّبِعْ ¤ مِنْ ذَيْ الثَّلاَثِ فَالْزَمِلْ الَّذِي سُمِعَ

Terjemah:

Masdar datang dengan 2 macam, yakni masdar mim dan masdar ghoiru mim serta masdar ghoiru mim itu dibagi lagi menjadi dua.

Dari fi’il tsulasi maka tetapkan pada masdar sama’i dan selain tsulasi maka mengikuti pada masdar qiyasi.

Penjelasan Syarah:

Pada bab ini kami akan menjelasakan tentang masdar dan shighat yang mustaq. Adapun Masdar itu dibagi menjadi dua macam, yaitu:


Masdar mim (مَصْدَرْ مِيْمِيْ) ialah masdar yang huruf pertamanya berupa huruf mim tambahan (ميم الزائدة). Misalnya مَفْعَلاً.

Masdar ghoiru mim (مَصْدَرْ غَيْرُ مِيْمِيْ) ialah masdar yang huruf pertamanya tidak berupa mim tambahan selain wazan (مُفَاعَلَةٌ). Misalnya فَعْلاً.

Baca Juga: Pengertian Shigat, Pembagian dan Contohnya


“Kenapa wazan مُفَاعَلَةٌ tidak dinamakan masdar mim padahal-kan diawali oleh huruf min? karena huruf min pada wazan مُفَاعَلَةٌ itu adalah huruf mim asli/asal, sedangkan huruf min yang ada pada masdar mim ini dinamakan huruf mim zaidah (huruf tambahan) bukan huruf asli/asal”.


Masdar ghoiru mim itu dibagi lagi menjadi dua bagian: (1). Sama’i (2). Qiyasi.


Sama’i ialah setiap masdar yang mana lafad-lafadnya sudah ditentukan oleh orang-orang Arab dan sulit untuk menentukan dengan wazan-wazan tertentu karena terlalu banyak. Misalnya عَلِمَ يَعْلَمُ عِلْمًا.

Qiyasi ialah setiap masdar yang mana lafad-lafadnya dapat ditentukan oleh wazan-wazan tertentu. Misalnya, kalimat fi’il yang ikut wazan أَفْعَلَ maka masdarnya ikut wazan إِفْعَالاً.

صَحِيْحٍ أَوْ مَهْمُوْزٍ أَوْ مُضَاعَفٍ ¤ مِيْمِي الثُّلاَثِي إِنْ يَكُنْ مِنْ أَجْوَفٍ

وَشَذَّ مِنْهُ مَا بِكَسْرِ الْعَيْنِ ¤ أَتَى كَمَفْعَلٍ بِفَتْحَتَيْنِ

Terjemah:

Masdar mimnya dari fi’il tsulasi mujarrod apabila terdiri dari bina’ ajwaf atau shohih atau mahmuz ataupun mudlo’af.

Maka ia datang dengan mengikuti wazan مَفْعَلاً dan hukumnya syadz (jarang) apabila dibaca kasroh a’in fi’ilnya مَفْعِلاً.

Baca Juga: Lengkap! Pengertian Bina’, Pembagian, dan Contohnya


Penjelasan Syarah:

Masdar mimnya fi’il tsulasi mujarrod baik berupa bina’ ajwaf, shohih, mahmuz, atau mudlo’af maka mengikuti wazan (مَفْعَلاً). Misalnya مَمَدًّا، مَقْرَأً، مَنْصَرًا، مَصَانًا.


Dan dihukumi syadz (jarang) apabila ikut wazan مَفْعِلاً. Misalnya مَسْجِدًا، مَغْرِبًا.


مُضَارِعٍ إِنْ لاَ بِكَسْرِهَا يَبِنْ ¤ كَذَا اسْمُ الزَّمَانِ وَالْمَكَانِ مِنْ

Terjemah:

Begitu juga dengan isim zaman dan isim makan, kecuali jika ‘ain fi’il mudlori’nya dibaca kasroh.

Penjelasan Syarah:

Apabila ada fi’il tsulasi mujarrad yang berupa bina’ ajwaf, shohih, mahmuz, atau mudho’af maka, isim zaman dan isim makannya ikut wazan مَفْعَلٌ. Misalnya مَمَدٌّ، مَقْرَأٌ، مَنْصَرٌ، مَصَانٌ kecuali apabila fi’il mudhore’nya ikut wazan يَفْعِلُ maka, isim zaman dan isim makannya ikut wazan مَفْعِلٌ. Misalnya مَفِرٌّ، مَاْدِمٌ، مَضْرِبٌ.


Keterangan:


Bina’ ajwaf adalah kalimat yang ‘ain fi’ilnya (huruf ketiga) berupa huruf illat. Contoh: صَانَ، خَافَ asalnya صَوَنَ، خَوَفَ.

Bina’ shohih adalah kalimat yang fa’ fi’il, ‘ain fi’il dan lam fi’ilnya tidak berupa hamzah dan tidak berupa huruf ‘illat serta ‘ain fi’il dan lam fi’ilnya tidak berupa huruf yang sama. Contoh: نَصَرَ.

Bina’ mahmuz adalah kalimat yang fa’ fi’ilnya atau ‘ain fi’ilnya atau lam fi’ilnya itu berupa huruf hamzah. Contoh: قَرَأَ، سَأَلَ، أَمَلَ.

Bina’ mudlo’af adalah kalimat yang ‘ain dan lam fi’ilnya berupa huruf yang sama. Contoh: مَدَّ asalnya مَدَدَ

وَاعْكِسْ بِمُعْتَلٍّ كَمَفْرُوْقٍ يَعِنْ ¤ وَافْتَحْ لَهَا مِنْ نَاقِصٍ وَمَا قُرِنْ

Terjemah:

Dan bacalah fathah untuk (masdar mim, isim zaman dan isim makan) yang terdiri dari bina’ naqis dan lafif maqrun, dan kebalikan dari bina’ mu’tal (mitsal) sama halnya seperti bina’ lafif mafruq.

Penjelasan Syarah:

Masdar mim, isim zaman dan isim makan yang terdiri dari fi’il yang ber-bina’ naqis, atau bina’ lafif maqrun maka ikut wazan مَفْعَلاً baik ketika ‘ain fi’il mudore’nya dibaca fathah, dhommah atau kasrah. Contoh: مَشْوًى، مَغْزًا.


Dan ketika terdiri dari bina’ mu’tal fa’ yakni bina’ mitsal dan bina’ lafif mafruq maka ikut wazan مَفْعِلاً. Contoh: مَوْعِدًا.


Keterangan:


Bina’ naqis adalah kalimat yang lam fi’ilnya berupa huruf ‘illat. Misalnya غَزَا asalnya غَزَوَ.

Bina’ mitsal adalah kalimat yang fa’ fi’ilnya berupa huruf ‘illat. Misalnya يَسَرَ، وَعَدَ.

Bina’ lafif maqrun adalah kalimat yang ‘ain dan lam fi’ilnya berupa huruf ‘illat. Misalnya شَوَى.

Bina’ lafif mafruq adalah kalimat yang fa’ dan lam fi’ilnya berupa huruf ‘illat. Misalnya وَقَى.

مِثْلَ مُضَارِعٍ لَهَا قضدْ جُهِلَا ¤ وَمَا عَدَا الثُّلَاثِ كُلَّا اجْعَلَا

عَيْنًا وَاَوَّلٌ لَهَا مِيْمًا يَصِر ¤ كَذَا اسْمُ مَفْعُوْلِ وَفَاعِلٍ كُسِرْ

Terjemah:

Adapun kalimat Fi’il yang hurufnya lebih dari tiga, maka jadikanlah pada masing-masing masdar mim, isim zaman, dan isim makannya sama dengan fi’il mudlori’nya yang dimabnikan majhul.


Begitu juga isim maf’ul dan isim fa’ilnya yakni dengan membaca kasrah pada ‘ain fi’ilnya, dan huruf awalnya menjadi mim untuk seluruhnya.

Penjelasan Syarah:

Kalimat fi’il yang hurufnya lebih dari tiga (4, 5 atau 6 huruf) maka masdar mim, isim zaman, isim makan, isim fa’il dan isim maf’ulnya seperti fi’il mudlori’ yang mabni majhul, namun mengganti huruf mudloro’ahnya dengan mim. Misalnya مُدَخْرَجٌ، مُكْرَمٌ، مُنْقَطَعٌ، مُسْتَخْرَجٌ seperti fi’il mudlori’ yang mabni majhul yakni يُدَخْرَجُ، يُكْرَمُ، يُنْقَطَعُ، يُسْتَخْرَجُ.


Dan khusus untuk isim fa’ilnya maka, ‘ain fi’ilnya harus dibaca kasroh. Misalnya مُدَخْرِجٌ، مُكْرِمٌ، مُنْقَطِعٌ، مُسْتَخْرِجٌ.


Demikianlah terjemah nadhom Maqsud bab Masdar dan Musytaq yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kitab Tauhid Sanusiyah

 Terjemahan kitab Tauhid Sanusiyah  klik  dibawah ini :  kitab Sanusiyah   kitab matan Sanusiyah (arab)   Terjemah Tauhid Sanusiyah (Ummul B...